Total pengunjung

kontak



Kamis, 12 Oktober 2017

Mengenal Teknologi Sistem Rem ABS, EBD dan BA



Mengenal Teknologi Sistem Rem ABS, EBD dan BA




Mengenal Teknologi Sistem Rem ABS, EBD dan BA/EBA | Salah satu syarat mutlak yang harus ada pada sebuah kendaraan adalah sistem keamanan yang mumpuni. Mengutip kalimat sakti khas bak truk Pantura, “Putus Cinta Soal Biasa, Putus Rem Matilah Kita,”maka wajar bila perangkat rem menjadi salah satu yang wajib mendapat perhatian, sehingga teknologi terbaru selalu dikembangkan untuk meningkatkan keampuhan sistem pengereman demi meningkatnya standar keamanan suatu kendaraan.

Beberapa teknologi telah sukses diterapkan pada sistem pengereman. Sebut saja ABS, EBD dan BA/EBA yang sudah cukup familiar di telinga kita. Otopedia kali ini akan membahas lebih dekat mengenainya.

Anti-lock Braking System (ABS)

Sistem ABS berfungsi mencegah roda terkunci saat terjadi pengereman mendadak (panic brake) sehingga mobil masih bisa diarahkan. Sistem ini juga dapat memberi kontrol pengendalian pada kondisi jalan basah. Saat sensor ABS mendeteksi adanya penguncian roda, sistem akan memerintahkan piston rem melepas sejenak jepitan kampas rem dan menjepit lagi setelah roda sudah berputar sehingga sedikit berakibat pada pedal rem yang terasa sedikit bergetar.




Electronic Brake Distribution (EBD)

EBD lazim disertakan dalam sistem rem ABS guna mengoptimalkan pengereman. Fungsi utamanya untuk mengatur tekanan minyak rem yang berbeda-beda ke setia roda tergantung kondisi jalan, kecepatan, beban dan faktor-faktor lainnya. Saat dikombinasikan dengan ABS, EBD mendistribusikan tekanan rem yang tepat pada tiap roda untuk mengembalikan daya cengkeram pada roda yang slip sehingga kendaraan bisa tetap terkontrol lajunya.




Brake Assist (BA)/Emergency Brake Assist (EBA)


Saat terjadi pengereman darurat atau genting, BA/EBA akan menambah tekanan pengereman secara otomatis dengan mengukur kecepatan pedal rem yang diinjak. BA/EBA akan mengurangi jarak pengereman sekitar 20% untuk mengatasi kecenderungan kurang kuatnya pengendara menginjak pedal rem agar kendaraan berhenti.

Itulah jenis-jenis sistem rem yang biasa digunakan dan bertujuan memudahkan pengendara untuk mengendalikan kendaraannya dengan lebih aman.

0 comments:

Dealer Honda Serpong, Kredit Honda Serpong, Sales Honda Serpong, Harga Honda Jazz Serpong, Harga Honda Brio Serpong, Harga Honda Mobilio Serpong, Harga Honda CR-V Serpong, Harga Honda Civic turbo Serpong, Harga Honda new HR-V Serpong, Harga Mobil baru Honda Serpong, Harga Honda Accord Serpong, Harga Honda City Serpong, Honda Gading Serpong, Honda cimone, Honda Alam Sutera, Harga Honda Tangerang, Honda Union Serpong, kredit Honda Mobil di Serpong, honda di serpong, honda bsd, honda tangerang, Honda Bumi Serpong Damai, jual mobil baru honda di serpong bsd tangerang selatan